Ketua

 

   

Hakim & Pegawai

Alih Bahasa

Prosedur Pengembalian Sisa Panjar PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh admin   

PROSEDUR PENGEMBALIAN SISA PANJAR
 

Pertama
Setelah Majelis Hakim membacakan putusan dalam sidang yang terbuka untuk umum, kemudian Ketua Majelis membuat perincian biaya yang telah diputus dan diberikan kepada Pemegang Kas untuk dicatat dalam Buku Jurnal Keuangan Perkara dan Buku Induk Keuangan Perkara.


Kedua
Pemohon / Penggugat selanjutnya menghadap kepada Pemegang Kas untuk menanyakan perincian penggunaan panjar biaya perkara yang telah ia bayarkan, dengan memberikan informasi nomor perkaranya.


Ketiga
Pemegang Kas berdasarkan Buku Jurnal Keuangan Perkara memberi penjelasan mengenai rincian penggunaan biaya perkara kepada Pemohon/Penggugat.



Catatan :
Apabila terdapat sisa panjar biaya perkaranya, maka Pemegang Kas membuatkan kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dengan menuliskan jumlah uang sesuai sisa yang ada dalam buku jurnal dan diserahkan kepada Pemohon / Penggugat untuk ditanda tangani.Kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara terdiri dari 3 (tiga) lembar:

- Warna Merah untuk Kasir

- Warnah Putih untuk Pemohon / Penggugat

- Kuning untuk dilampirkan dalam berkas


Keempat
Pemohon / Penggugat setelah menerima kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dan menanda tanganinya, kemudian menyerahkan kembali kwitansi tersebut kepada Pemegang Kas.


Kelima
Pemegang Kas menyerahkan uang sejumlah yang tertera dalam kwitansi tersebut beserta tindasan pertama kwitansi kepada pihak Pemohon/Penggugat.

 

Catatan :
Apabila Pemohon / Penggugat tidak hadir dalam sidang pembacaan putusan atau tidak mengambil sisa panjarnya pada hari itu, maka 3 (tiga) hari kemudian oleh Panitera melalui surat akan diberitahukan adanya sisa panjar biaya perkara yang belum ia ambil. 
Dalam pemberitahuan tersebut diterangkan bahwa bilamana Pemohon / Penggugat yang tidak mengambil dalam jangka waktu 6 (enam) bulan, maka uang sisa panjar biaya perkara tersebut akan dikeluarkan dari Buku Jurnal Keuangan yang bersangkutan dan dicatat dalam buku tersendiri sebagai uang tak bertuan (1948 KUHPerdata), yang selanjutnya uang yang tak bertuan tersebut akan disetorkan ke Kas Negara.

 

Wakil Ketua

 

Panitera & Sekretaris

Link


   link_mari  2

    

    

   header_bg 

   3 

   pengaduan  skmari

   sikep

   sms_icon

  

   ikon khes lelang

   pubstaka-badilag cetakbiru

  

   

Panduan Keadilan Untuk Semua

 

Info Tabayun Online

 

 

Polling

Apa Pendapat anda tentang Website PA Dumai?
 

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini63
mod_vvisit_counterKemarin81
mod_vvisit_counterMinggu Ini567
mod_vvisit_counterMinggu Lalu1860
mod_vvisit_counterBulan Ini2740
mod_vvisit_counterBulan Lalu3216
mod_vvisit_counterSeluruhnya414266

Online (20 minutes ago): 4
Your IP: 54.90.207.75
,
Today: Des 16, 2017
Visitors Counter

Online Support

Web Mail

email

Pengaduan Online

kotakp

Kalkulator Zakat


kalkulator_zakat

Waktu Sholat

Jam Kerja




Copyright © 2009 - 2015 IT Pengadilan Agama Dumai.
.:Terimakasih Atas Kunjungannya ke Website kami:.