Ketua

 

   

Hakim & Pegawai

Alih Bahasa

Hak-Hak Pelapor Dan Terlapor PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Asep Nurdiansyah   

Oleh : Administrator

Jum'at, 01 Juli 2016

HAK HAK PELAPOR DUGAAN PELANGGARAN HAKIM DAN PEGAWAI

(076/KMA/SK/VI/2009 TENTANG PENANGANAN PENGADUAN)

MAKSUD, TUJUAN DAN FUNGSI PENANGANAN PENGADUAN

A. Maksud

  • Merespon keluhan baik yang berasal dari masyarakat, instansi lain dan diluar pengadilan, maupun dari internal pengadilan sendiri
  • Menyelesaikan penanganan pengaduan sesuai dengan mekanisme yang berlaku
  • Membuktikan benar atau tidak nya hal yang diadukan
  • Memberikan jaminan bagi masyarakat bahwa laporan pengaduan yang diajukan ditangani secara efektif, efisien, cepat dan dapat dipertanggung jawabkan

 

B. Tujuan

  • Menjaga Citra dan Wibawa lembaga peradilan
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan  

 

C. Fungsi

  • Memperkuat mekanisme pengendalian dan pembinaan hakim dan pegawai pengadilan
  • Memperkuat mekanisme pengawasan di lingkungan pengadilan
  • Memperkuat fungsi pertanggung jawaban Mahkamah Agung dan pengadilan kepada masyarakat

MATERI PENGADUAN

  • Materi pengaduan meliputi hal hal sebagai berikut
  • Pelanggaran terhadap kode etik dan / atau pedoman perilaku hakim
  • Penyalahgunaan wewenang / jabatan
  • Pelanggaran sumpah jabatan
  • Pelanggaran terhadap peraturan disiplin pegawai negeri sipil atau peraturan disiplin militer
  • Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral, asusila atau perbuatan perbuatan yang tidak selayak nya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan maupun selaku anggota masyarakat
  • Pelanggaran hukum acara , baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman
  • Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan , kekeliruan, atau kelalaian yang bersifat administratif
  • Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum

SYARAT DAN TATA CARA PENYAMPAIAN PENGADUAN

A. Disampaikan Secara Tertulis

  • Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung , Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh Pelapor
  • Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik disitus resmi Mahkamah Agung . Meskipun demikian , pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusus tersebut tetap akan diterima dapat ditindak lanjuti.
  • Dalam hal pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis , petugas di Mahkamah Agung atau Pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan Pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.

B. Menyebutkan Informasi Yang Jelas

#Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, pelapor diharapkan dapata menyebutkan secara jelas informasi mengenai:

  • Identitas aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau pengadilan tempat Terlapor bertugas
  • Perbuatan yang dilaporkan
  • Nomor perkara , apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara ; dan
  • Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan . bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat, dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan pelapor.

#Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identiutasnya. Namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitas akan tetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.

C. Tata Cara Pengiriman 

Pengaduan ditujukan kepada : Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding dimanae Terlapor bertugas ; atau Ketua Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial , atau Ketua Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan . Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup , maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan dengan menuliskan kata "PENGADUAN" PADA PENGADILAN pada bagian kiri atas muka amplop tersebut.

 

 

Wakil Ketua

 

Panitera & Sekretaris

Link


   link_mari  2

    

    

   header_bg 

   3 

   pengaduan  skmari

   sikep

   sms_icon

  

   ikon khes lelang

   pubstaka-badilag cetakbiru

  

   

Panduan Keadilan Untuk Semua

 

Info Tabayun Online

 

 

Polling

Apa Pendapat anda tentang Website PA Dumai?
 

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini70
mod_vvisit_counterKemarin91
mod_vvisit_counterMinggu Ini493
mod_vvisit_counterMinggu Lalu1860
mod_vvisit_counterBulan Ini2666
mod_vvisit_counterBulan Lalu3216
mod_vvisit_counterSeluruhnya414192

Online (20 minutes ago): 1
Your IP: 54.227.126.69
,
Today: Des 15, 2017
Visitors Counter

Online Support

Web Mail

email

Pengaduan Online

kotakp

Kalkulator Zakat


kalkulator_zakat

Waktu Sholat

Jam Kerja




Copyright © 2009 - 2015 IT Pengadilan Agama Dumai.
.:Terimakasih Atas Kunjungannya ke Website kami:.