LOGOPADumaiyes

on . Hits: 62

mouisbat2

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Ketua Pengadilan Agama Dumai, Drs. Ahmad Sayuti MH, Kepala Dinas Disdukcapil Suardi S Sy dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Dumai Drs. H. Syafwan.

http://pa-dumai.go.id/ Pelayanan isbat nikah terpadu antara lain bertujuan untuk membantu masyarakat mengesahkan perkawinan, memperoleh buku nikah dan dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, pasport dan lain – lain. Paling tidak beberapa tujuan inilah yang menjadi urgensitas pertemuan kerjasama antara Ketua Pengadilan Agama Dumai, Drs. Ahmad Sayuti MH, Kepala Dinas Disdukcapil Suardi S Sy dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Dumai Drs. H. Syafwan.

Acara pertemuan tersebut dirangkai dengan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama (memorandum of Understanding/MoU) antara ketiga instansi untuk melaksanakan program terpadu administrasi kependudukan melalui Sidang Terpadu Istbat Nikah dan Sosialisasi Pelayanan Akta-Akta Pencatatan Sipil.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilakukan di Kantor Pengadilan Agama Dumai pada hari Kamis (14/3/2019) dengan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Riau Bapak Dr. H. Samparaja SH MH, Sekretaris PTA Riau, Wakil Walikota Dumai, Ketua pengadilan Agama Pekanbaru, , Kapolres Dumai, Kepala Kejaksaaan Negeri Dumai, Ketua Pengadilan Negeri Dumai, Dandim 0320 Dumai, Dekan Fakultas Syariah IAI Tafaqquh Fiddin Dumai, Ketua LAM Dumai, Pimpina Bank Syariah Mandiri Dumai, para hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional PA Dumai, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Dumai menyampaikan pentingnya untuk membangun kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dalam menuntaskan permasalahan pemenuhan dokumen kependudukan ini melalui program Sidang Itsbat Nikah Terpadu. Paling tidak, lanjut Beliau, “Program ini diharapkan dapat meminimalisir pasangan nikah yang belum punya buku nikah. Apalagi saat ini, buku nikah begitu penting, terutama untuk pengurusan berbagai keperluan administrasi kependudukan”. Jelas Sayuti

mouisbat1Dalam pelayanan terpadu, pasangan suami-isteri yang sudah nikah secara sah menurut agama diitsbatkan pernikahannya oleh PA, kemudian atas dasar penetapan PA itu KUA mencatatkan pernikahan dan mengeluarkan Kutipan Akta Nikah berupa Buku Nikah. Sementara Dinas Dukcapil mencatatkan dan mengeluarkan Akta Kelahiran anak-anak dari pasangan yang pernikahannya sudah dicatatkan dan dikeluarkan Buku Nikahnya. Pungkasnya (Red. Hsn)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Dumai

Jl. Putri Tujuh, Kel. Teluk Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau - 28812

Telp: (0765) 31928
Fax: (0765) 31928

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama Dumai @2018